Produser Manoj Punjabi Ingin Pemerintah Izinkan Bioskop Buka Sebelum Ekonomi Kreatif Hancur!



jakarta  -

 Sejak 23 Maret 2020, jasa hiburan bioskop resmi dinonaktifkan sementara terkait digalakkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah. Sempat akan dibuka pada akhir Juli, nyatanya sampai berita ini diturunkan belum ada kejelasan kapan hal itu terjadi.


Penonaktifan yang memakan waktu berbulan-bulan ini dianggap Manoj Punjabi selaku produser film kondang sebagai langkah yang bakal menghancurkan industri kreatif. Menilik dari film garapannya saja, sudah beberapa judul mencapai nilai total produksi puluhan miliar tersangkut tak bisa diputar.

"Kayaknya udah waktunya kita buat statement kalau nggak ada gunanya kita delay. Ekonomi kreatif ini bakal lebih ancur. Bayangkan, saya sudah produksi beberapa film, stok harus main di bioskop. Berapa puluh miliar investment yang nyangkut di sana," aku Manoj dijumpai di kantornya, kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2020).

 

1. Menerapkan Protokoler Standar Kesehatan

Manoj Punjabi merasa sudah saatnya bioskop dibuka dalam waktu dekat. Tentunya dengan tetap mematuhi standar protokoler kesehatan seperti sudah dirancang dalam surat keputusan yang dikeluarkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Juli lalu.

"Sudah waktunya dibuka asal protokoler bioskop aman. Saya harap ini bisa dilakukan," harap pemilik rumah produksi MD Pictures ini.

2. Market 50% di Jabodetabek


Alasan bioskop belum dibuka khususnya di wilayah DKI Jakarta karena angka kasus Covid-19 masih tinggi. Namun bila daerah dengan angka kecil didahulukan, tentu tidak akan jalan karena market penonton paling banyak ada di Jabodetabek.

"Problemnya kalau Jakarta nggak buka, saya ngerti dari pihak bioskop nggak mungkin buka di luar Jabodetabek yang marketnya 50% lebih. Kalau main di daerah dulu, Jakartanya kapan? Itu dilema yang sedang kita hadapin sekarang. Bayangkan kita semua lagi susah, bayangkan yang nanggung, mereka sudah bicara sama saya juga ini masalah cash flow dan beberapa hal yang mengganggu," tandas Manoj.
Share:

Recent Posts