Pamer Senjata Baru, Korea Utara Gelar Parade Rudal Balistik


FOTO: Senyum Semringah Kim Jong-un Saksikan Parade Militer Korea Utara

 Jakarta - Korea Utara telah melakukan parade militer yang menunjukkan sejumlah kepemilikan senjata baru. Dalam parade tersebut, ditunjukkan sejumlah senjata baru yang tampak seperti rudal balistik yang bisa diluncurkan dari kapal selam (SLBM). 

Mengutip DW Indonesia, Sabtu (16/1/2021), media setempat melaporkan bahwa acara tersebut berlangsung di ibu kota Pyongyang pada Kamis malam (14/01).

Pawai tersebut menandai berakhirnya kongres Partai Buruh. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri parade militer tersebut di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang.

Barisan tentara terlihat ikut serta dalam pawai. Ada berbagai kendaraan militer termasuk tank dan peluncur roket juga dipamerkan. Analis mengidentifikasi ada model baru rudal balistik jarak pendek, selain versi peluncuran kapal selam.

Kemampuan Rudal Balistik Terbaru Korut


FOTO: Senyum Semringah Kim Jong-un Saksikan Parade Militer Korea Utara

Gambar yang dirilis oleh media pemerintah setempat menunjukkan setidaknya empat rudal dengan kerucut hitam-putih didorong melewati kerumunan warga yang mengibarkan bendera di pinggir jalan.

Analis menilai rudal - yang dapat diluncurkan dari kapal selam - diberi label Pukguksong-5 merupakan senjata versi terbaru dari Pukguksong-4 yang diluncurkan pada parade militer yang lebih besar pada bulan Oktober lalu.

"Rudal baru pasti terlihat lebih panjang," kata Michael Duitsman, seorang peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Kantor berita negara KCNA menggambarkannya sebagai: "Senjata paling kuat di dunia, misil balistik peluncuran kapal selam." Dikatakan rudal "menunjukkan kekuatan angkatan bersenjata revolusioner."

Korea Utara telah melakukan uji tembak beberapa SLBM dari bawah air. Analis mengatakan Korea Utara tengah berusaha mengembangkan kapal selam operasional untuk membawa rudal.

sumber:https://www.liputan6.com/global/read/4458728/pamer-senjata-baru-korea-utara-gelar-parade-rudal-balistik?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

Share:

Arsip Blog

Recent Posts