Ekonomi Kena Dampak Corona, Bagaimana Kondisi Perdagangan Luar Negeri RI?


Suasana aktivitas bongkar muat di Jakarta International Container Terminal, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018). Aktivitas bongkar muat di pelabuhan tetap jalan di tengah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terpuruk. Begini suasananya.

 Jakarta - 

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak buruk ke berbagai negara tak terkecuali Indonesia. Meski begitu, kondisi perdagangan luar negeri Indonesia masih cukup baik.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkapkan, kondisi itu tercermin dari surplus yang hampir US$ 20 miliar.

"Pak Perry (Gubernur BI) tadi mengatakan bahwa kinerja Kemendag dalam perdagangan luar negeri di tahun 2020 cukup baik. Surplus Indonesia bisa mencapai hampir US$ 20 miliar yang berkontribusi positif dalam menjaga devisa Indonesia," kata Jerry dalam keterangannya, Minggu (10/1/2020).

Kondisi itu positif di tengah iklim ekonomi yang tidak menentu di tengah pandemi. Menurutnya, koordinasi, komunikasi dan sinergi antara kebijakan fiskal dan moneter harus diperkuat untuk mengantisipasi kondisi yang penuh tantangan tersebut.

"Tidak mudah menjaga stabilitas moneter dalam kondisi seperti itu. Kami tentu berterima kasih atas apresiasi Bank Indonesia kepada Kementerian Perdagangan. Kami juga sepakat untuk terus meningkatkan koordinasi dalam rangka saling support," katanya.

Dia berharap, tahun ini kondisi ekonomi membaik. Pihaknya akan mendorong pasar ekspor yang lebih luas. Dengan demikian, diharapkan dapat mendukun moneter nasional.

Selain perluasan dan peningkatan ekspor, pihaknya juga akan meningkatkan kinerja perdagangan dalam negeri.

"Perdagangan domestik harus tetap berjalan meski pandemi belum selesai. Kami telah mengajak berbagai lembaga keuangan baik bank maupun non bank untuk digitalisasi pasar. Kami juga meluncurkan warehouse management system agar sistem logistik nasional makin baik. Dengan demikian, ekonomi masyarakat akan terus bergerak dan kebutuhan mereka terpenuhi dengan baik," paparnya.

sumber :https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5327823/ekonomi-kena-dampak-corona-bagaimana-kondisi-perdagangan-luar-negeri-ri?_ga=2.144201267.72765368.1610420007-2136071581.1607579185

Share:

Recent Posts