Upaya Pemerintah Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen di 2021

Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta Turun 5,6 Persen Akibat Covid-19


 Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di tahun ini berada dikisaran 4,5 persen sampai dengan 5,5 persen. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, pemerintah sudah menyiapkan berbagai trobosan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu dilakukan pemerintah mengejar pertumbuhan ekonomi mencapai 5,5 persen yakni mendongkrak konsumsi rumah tangga. Caranya dengan melakukan stimulasi daya beli melalaui porgam perlindungan sosial.

"Kemudian tumbuhkan rasa aman dengan akselerasi vaksinasi, arahan presiden untuk di tahun 2021 ini 182 juta masyarakat bisa divaksinasi," ungkapnya dalam video conference di Jakarta, Jumat (5/2).

Di samping itu, pemerintah juga mendorong Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dalam penanganan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Adapun angkanya masih bersifat dinamis.

"Pemerintah juga dorong refocusing dan realokasi dana KL dan diharapkan akan masuk dalam sektor-sektor pengungkit perekonomian terutama di kuartal I-2021," jelasnya.

Selanjutnya, pemerintah akan memanfaatkan kesempatan ekspor yang sekarang tumbuh terutama dari mitra dagang utama yakni China, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Dia berharap peningkatan ekspor ke mitra dagang Indonesia akan memberikan snetimen positif terhadap ekonomi 2021 secara keseluruhan.

 sumber:https://www.liputan6.com/bisnis/read/4476079/upaya-pemerintah-kejar-target-pertumbuhan-ekonomi-55-persen-di-2021

Share:

Recent Posts