Hadirnya Nadiem dan Wishnutama Dinilai Jadi Keseriusan Jokowi Perkuat Ekonomi Digital

Merdeka.com - Sejumlah nama-nama baru akan menghiasi jajaran Menteri Kabinet Jokowi Periode II. Bahkan sejumlah kalangan usaha, seperti Founder Gojek Nadiem Makarim, Founder NET TV Wishnutama, dan Pemilik Mahaka Group Erick Tohir sudah memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, kehadiran ketiga sosok tersebut menjadi bentuk nyata keseriusan Presiden Jokowi dalam mendorong ekonomi digital. Dengan demikian, beberapa hal yang dianggap menjadi penghambat selama ini bisa diselesaikan.
"Kelihatanya porsi kebijakan dibidang ekonomi digital akan mendominasi. Orang-orang itu kan memahami ekosistem ekonomi digital dan berpengalaman (di digital)," ujar Bhima kepada merdeka.com, Senin (21/10).
Menurutnya, sektor ekonomi digital dalam negeri memiliki potensi yang sangat besar. Hal itu tercermin dari banyaknya startup lahir di Indonesia bahkan diantaranya berstatus unicorn (nilai valuasi USD1 miliar) dan decacorn (nilai valuasi USD10 miliar).
"Sehingga memang perlu diberikan perhatian khusus," tambahnya.
Di sisi lain, pengembangan sektor konvensional seperti sumber daya alam (SDA) dan manufaktur bisa dilakukan berkolaborasi dengan sektor ekonomi digital. Seperti memanfaatkan e-commerce untuk memutus rantai pasok yang panjang di sektor manufaktur. Kemudian, fintech juga dapat digunakan untuk sektor pertanian mendapatkan pendanaan.
"Jadi paralel pengembangannya, tidak jalan sendiri-sendiri. Kolaborasi digital dan industri memang diperlukan," pungkas Bima.
Sumber:Merdeka.com
Share:

Recent Posts